Artikel

Beranda / Artikel / Perihal Harta Bersama atau Gono-Gini

Perihal Harta Bersama atau Gono-Gini

Harta Bersama atau yang lebih dikenal dengan Harta Gono-Gini adalah harta yang didapatkan selama perkawinan. Asal dari harta gono-gini adalah pendapatan dari suami dan atau istri dan harta tersebut statusnya adalah milik bersama walaupun dihasilkan oleh suami saja atau istri saja. Hal ini karena ikatan perkawinan berkonsekuensi menyatukan harta kepemilikan menjadi milik bersama baik itu berupa aset rumah, mobil, tanah, atau tabungan. Oleh karena statusnya yang kepemilikan bersama maka setelah perceraian ketentuannya adalah harta tersebut dibagi dua sama rata atau 50:50. Bisa juga disepakati pembagiannya asal para pihak menyatakan persetujuannya.

Selain itu hutang dalam masa perkawinan juga termasuk harta bersama sehingga termasuk milik bersama yang harus ditanggung bersama. Oleh karena itu selain harta dibagi dua, hutang juga dibagi dua dalam perkara gugatan gono-gini.

Harta yang tidak termasuk dalam gono-gini adalah hibah dan waris. Hal ini karena hibah dan waris tidak termasuk harta yang dihasilkan dari pendapatan/penghasilan suami atau istri sehingga sumbernya bukan berasal dari perkawinan.

Untuk konsultasi dan pengurusan harta gono-gini di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Lamongan dan Sekitarnya, bisa menghubungi telp/wa: 0821 3297 2337